Mesin Pencari / Search Engine

Search engine adalah program yang digunakan untuk mencari informasi di lingkungan (realm) tertentu dan menyimpannya dalam database. Istilah ini seringkali terlalu dikaitkan dengan Internet search engine, yakni search engine yang didisain khusus untuk pencarian informasi di Internet. Sebenarnya search engine bisa juga dimanfaatkan untuk pencarian konten offline seperti misalnya katalog perpustakaan, konten hardisk di komputer pribadi, atau katalog koleksi museum dsb. Search engine membantu kita mengorganisir dan menampilkan informasi sedemikian rupa sehingga informasi tsb mudah diakses.

Cara penggunaan search engine adalah dengan mengetikkan kata kunci (keyword) yang hendak dicari dan setelah itu akan ditampilkan sejumlah link yang akan mengarahkan kita kepada situs atau informasi yang ada relevansinya dengan keyword yang kita masukkan.

Pada masa sekarang ini, Search Engine menjadi salah satu website yang paling sering dikunjungi dan digunakan. Contoh search engine yang popular pada masa sekarang ini adalah ; msn.com ; google.com ; yahoo.com ; dan lainnya. Para pemakai search engine tidak sebatas kaum intelek saja. Namun setelah ditelusuri , hampir setiap orang dari berbagai lapisan masyarakat menggunakan search engine untuk mendapatkan informasi. Misalnya, para pengamat politik akan menggunakan search engine untuk mencari info terkini tentang kasus-kasus atau kejadian politik yang sedang menjadi sorotan publik. Dengan mudahnya para pengamat politik dapat mengikuti detik-detik kasus tersebut. Selain itu bagi para pelajar mulai dari pelajar sekolah dasar sampai mahasiswa, menggunakan search engine untuk mendapatkan informasi atas tugas pembelajaran bahkan untuk memperluas wawasan yang tidak didapat di sekolah. Contoh lain adalah bagaimana seorang ibu rumah tangga yang hendak memasak dan tinggal mencari resep apapun dengan menggunakan search engine. Di bidang lain seperti kesehatan, para orang-orang yang menderita penyakit mulai mencari informasi rumah sakit terbaik atau obat tradisional sebagai penunjang kesembuhan yang dapat dicari dalam search engine. Adapun kegunaan search engine bagi para pengusaha dan pembeli adalah, mereka hanya tinggal mengetikkan barang yang mereka cari.

Berita yang dapat diunggah oleh search engine juga tidak hanya sebatas kejadian masa lalu seperti sejarah lampau saja, namun dengan search engine segala jenis data ,info kejadian terkini , mulai dari info yang dari hal-hal duniawi sampai ke permasalahan serius dapat dicari melalui search engine. Selain itu , informasi yang didapat dari search engine dianggap jauh lebih praktis dan sangat murah dibandingkan jika kita harus mencari sebuah informasi dalam tumpukan buku. Penghematan waktu membuat search engine menjadi salah satu alasan kepopulerannya. Bagaimana tidak, hanya dengan menekan kata kunci maka search engine akan mencarikan website-website yang mengandung data-data yang kita perlukan.

Manfaat search engine  bergantung pada relevansi hasil-hasil yang diberikannya. Meskipun mungkin ada jutaan halaman web yang mengandung suatu kata atau frase, sebagian halaman mungkin lebih relevan, populer, atau autoritatif daripada yang lain. Kebanyakan mesin pencari menggunakan berbagai metode untuk menentukan peringkat hasil pencarian agar mampu memberikan hasil “terbaik” lebih dahulu. Cara search engine menentukan halaman mana yang paling sesuai, dan urutan halaman-halaman itu diperlihatkan, sangat bervariasi. Metode-metodenya juga berubah seiring waktu dengan berubahnya penggunaan internet dan berevolusinya teknik-teknik baru. Sebagian besar search engine yang ada di website-weibsite adalah usaha komersial yang didukung pemasukan iklan dan karenanya sebagian menjalankan praktik kontroversial, yaitu membolehkan pengiklan membayar agar halaman mereka diberi peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Dibalik itu semua, ternyata search engine juga masih memiliki kekurangan, yaitu adalah karena setiap orang dapat mengunggah dan menyebarkan suatu informasi, maka terkadang informasi tersebut belum disaring kebenarannya. Hal tersebut dikarenakan setiap orang bebas menulis apapun dalam blog atau website tanpa ada editor yang menyaring kebenaran informasinya. Selain itu tidak sedikit sebuah blog atau website digunakan sebagai ajang penipuan atau bahkan pengalihan agar virus dapat terunggah ketika seseorang memasuki suatu website dan akhirnya virus tersebut dapat dengan bebas mengendalikan komputer dan bebas merusak/menambahkan/menghapus data-data di dalam komputer yang terinfeksi. Selain itu informasi yang diunggah melalui mesin pencari tidak 100% selalu benar. Para ilmuan juga menyebutkan kalau search engine disukai karena praktis dan hemat waktu, bukan dari faktor kebenaran informasinya. Isi dari informasi dalam search engine juga dapat berarti ambigu dan terkadang kita jadi salah mengartikannya. Selain itu informasi-informasi di search engine dapat juga menyesatkan melihat begitu bebasnya setiap orang dapat menyelipkan informasi di website maupun blog. Contohnya adalah ajakan persuasif tentang ajaran setan, ataupun blog/website mengenai ajakan berbisnis ilegal : narkoba, penjualan bayi, aborsi, pelacuran, dll. maka di beberapa negara ada yang membatasi pemakaian search engine dengan cara memblokir beberapa situs-situs yang dianggap membahayakan bagi masyarakatnya. Negara Cina juga memiliki solusi atas permasalahan tersebut, yaitu dengan menciptakan search engine sendiri dimana informasi-informasi yang didapat sedikit lebih tersaring.

Kesimpulannya adalah search engine sangat bermanfaat di dalam kehidupan kita karena memberikan kemudahan lebih dalam segi waktu dan biaya dalam memperoleh suatu informasi (bandingkan ketika kita harus membeli banyak buku untuk mendapatkan 1 informasi). Seiring berkembangnya website-website di internet, tak hanya informasi yang baik saja yang bisa didapatkan oelh search engine. Mulai dari virus perusak, sampai ajaran-ajaran sesat dan website tak sehat beredar dengan bebas ketika kita mencari dengan search engine. Jadi , ketika menggunakan search engine, gunakanlah dengan sebijak-bijaknya dengan memilah pilih informasi yang harus diserap ataupun dibuang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply